Home » artikel

CCTV, Partner Polisi Awasi Lalu Lintas

cctv traffic 300x169 CCTV, Partner Polisi Awasi Lalu Lintas

Kejahatan kini tak lagi memakai patokan harus berada di jalanan yang gelap dan sepi untuk melancarkan aksinya, jalanan ramai di siang hari dengan kondisi terang benderang pun kini dapat menjadi lapangan pelanggaran. Tak heran, jika beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Indonesia mulai menggadang-gadang pemasangan CCTV di jalanan untuk memantau kondisi lalu lintas.

Pemasangan CCTV di jalan raya memiliki banyak sekali manfaat yang akan memudahkan pengawasan. Dengan adanya CCTV di jalanan, pihak berwajib dapat dengan jelas mengetahui siapa saja pelanggar lalu lintas untuk ditindak lanjuti. Tak hanya itu, kehadiran CCTV di jalanan juga pastinya akan memudahkan untuk mengusut kasus kecelakaan ataupun tabrak lari yang kerap terjadi di negeri ini. CCTV yang biasa digunakan untuk mengawasi jalanan adalah CCTV dengan jenis IP Camera. IP Camera, atau yang juga dikenal dengan sebutan kamera jaringan ini adalah CCTV yang mampu mentransfer dan mengonversi data menjadi bentuk digital dan mengirimnya melalui jaringan online dengan IP yang sudah ditentukan.

Terdapat beberapa model CCTV yang digunakan sebagai pengawas jalan raya, yaitu CCTV fix dan PTZ. CCTV model fix adalah kamera pengawas yang sorotan kameranya terpatri ke satu sudut tangkap kamera. Salah satu contoh CCTV model fix adalah Bullet Camera. Bullet Camera yang biasa digunakan di jalan raya biasanya sudah dilengkapi dengan sensor inframerah atau IR LED untuk memastikan kamera dapat merekam dengan baik meskipun dalam keadaan minim cahaya pada malam hari. Tak hanya itu, CCTV jenis Bullet Camera ini juga menggunakan casing waterproof yangmana menjadikannya tetap dapat beroperasi meskipun keadaan sedang hujan. Kemampuannya untuk focus merekam ke satu titik tangkap juga menjadikan gambar dari CCTV ini lebih focus dan jelas.

Lain lagi dengan CCTV PTZ. CCTV PTZ, singkatan dari Pan Tilt and Zoom , adalah CCTV dengan kemampuan merekam dari segala sudut tangkap kamera. CCTV model ini dapat berputar 360 derajat, bergerak ke kiri dan kanan, dan memperbesar gambar tangkapan karena dikendalikan oleh metode preset. Kamera ini juga dapat focus ke satu titik atau satu wajah meskipun sedah merekam kerumunan orang di keramaian. Cocok apabila dipasang di titik-titik rawan kecelakaan. Seperti halnya CCTV model fix, CCTV PTZ juga dilengkapi oleh housing waterproof supaya tetap dapat beroperasi di segala cuaca.

Jika ingin mengenal CCTV untuk lebih lengkapnya, anda dapat mengunjungi laman cctvsurabaya.com yang memiliki kantor offline di Jalan Mulyosari 2 No. 28, Surabaya. Anda dapat pula menghubungi nomor kantor di 031-5937953, atau mengirim surel ke cctvsurabayacom@gmail.com