Jenis-Jenis Kamera CCTV Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis - Jenis Kamera CCTV yang harus kamu ketahui

Pasti sebagian besar orang sudah mengetahui apa itu kamera CCTV, terutama pada zaman sekarang dimana produk CCTV sudah banyak beredar di pasaran dan sangat terjangkau untuk semua orang.
Tahukah kalian ternyata CCTV memilki berbagai macam jenis yang berbeda, hal ini bisa diketahui melalui bentuk, fungsi dan lokasi penempatan kamera CCTV tersebut.

Untuk itu bagi kalian yang ingin mencari kamera CCTV dan masih bingung perbedaan masing – masing kamera mulai dari bentuk dan jenisnya kali ini kami akan membantu menjelaskan beberapa perbedaan dari masing – masing CCTV, untuk itu simak baik – baik ya teman – teman.

Berikut jenis-jenis CCTV yang harus kamu ketahui sebelum membeli.

1. PTZ Camera

 Mengenal Kamera PTZ

PTZ merupakan singkatan dari kamera PAN TILT ZOOM, PAN merupakan kemampuan kamera agar bisa bergerak bebas ke kiri dan juga ke kanan, kamera ini bisa memperbesar gambar video sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki. Kamera tipe PTZ memiliki bentuk hampir sama dengan Dome Camera, namun memiliki ukuran yang lebih besar.

Dengan kemampuan kamera PTZ yang bisa berputar secara otomatis dan manual yang dikendalikan oleh controller, kamera ini sangat berguna untuk memantau wilayah yang cukup luas menggunakan 1 perangkat kamera saja. Hal ini tentu akan mempermudah proses monitoring atau pemantauan sebuah wilayah.

 

2. CCTV Bullet Camera

Cara Melihat Hasil Rekaman CCTV Kamera Hikvision

Kamera CCTV jenis ini umum dipakai dalam instalasi CCTV dan sangat mudah ditemukan di tempat-tempat umum seperti mall, sekolah, restaurant, tempat parkir maupun rumah pribadi. Kamera ini ditujukan untuk pemasangan luar ruangan atau outdoor sehingga dilengkapi dengan body yang kokoh, weatherproof atau tahan akan segala cuaca baik hujan maupun kering..

 

3. CCTV Dome Camera

Mengenal Kamera CCTV Built In Mic

Kamera dome ini memiliki bentuk bulat seperti kubah dan kebanyakan hanya bisa memantau 1 arah saja. Jenis kamera ini sangat umum dipakai dalam instalasi CCTV serta mudah ditemukan diberbagai tempat. Umumnya kamera ini dipakai sebagai kamera di dalam ruangan atau indoor dikarenakan tidak sekuat kamera jenis bullet.

 

4. Kamera CCTV IP (IP Cam)

Pengertian dan Keebihan IP camera

IP CAM adalah Internet Protocol Camera yang berfungsi menggunakan kabel jaringan (lan) dan memerlukan koneksi internet jika ingin dipantau melalui gadget. IP Camera sangat cocok dipakai jika ingin menggunakan lebih sedikit kabel. Pada instalasi kamera IP hanya rata – rata hanya memerlukan kabel jaringan (lan) yang tersambung dari kamera ke Switch PoE atau NVR build in PoE sehingga lebih praktis dibanding kamera biasa (analog).
Kekurangan kamera ini lebih kepada harga, dimana kamera IP dan perangkat pendukungnya lebih mahal dibanding tipe analog.

Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Nantikan artikel kami selanjunya di website cctvsurabaya.com.

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV, kami siap membantu. Hubungi 081232232329 atau melalui website cctvsurabaya.com