Home » artikel pilihan

Kamera CCTV di Surabaya

Kamera CCTV di kota Surabaya adalah salah satu yang terbanyak jumlahnya di Indonesia. Terdapat 185 unit kamera CCTV milik Pemerintah Kota Surabaya, yang tersebar di berbagai kawasan di Surabaya, jumlah ini hanya kalah dari Jakarta dan selalu bertambah setiap tahunnya.

speeddomeipcamera
Proses instalasi kamera speed dome oleh tim CCTVSurabaya.com

Sistem Kamera CCTV Pemkot Surabaya

Kamera CCTV yang tersebar di Kota Surabaya ini adalah ip camera, kebanyakan tipe speed dome yang mempunyai kemampuan pan (berputar kiri-kanan), tilt (mengangguk naik-turun), dan zoom. Output video dari kamera dalam bentuk digital dan ditransmisikan menggunakan protokol TCP/IP. Dari kamera, transmisi data video dikirim ke Intelligent Traffic Service – Control Room CCTV yang berada di Terminal Bratang melalui beberapa metode diantaranya Fiber Optic, Wireless LAN, dan jaringan internet dari ISP (Internet Service Provider) seperti Telkom.

sistemcctvip
Sistem CCTV Speed Dome IP Camera

Data Video yang masuk ke Control Room di Terminal Bratang diolah lagi untuk direkam, streaming, atau diolah oleh beberapa software yang ada,misalnya memberikan rekomendasi untuk merekayasa lampu lalu lintas. Lampu merah menyala lebih lama untuk lalu lintas yang tidak padat, dan menyala lebih cepat untuk lalu lintas yang padat.

 

Intelligent Traffic Service

Seluruh kamera CCTV milik Pemerintah Kota Surabaya ini operasionalnya berada di bawah kendali Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya. Seluruh sistem, pusat kendali monitoring, dan video recording-nya dinamai “Intelligent Traffic Service”. Pusat kendali ini berada di bangunan 2 lantai di Terminal Bratang Surabaya. Tim Dishub Surabaya menamai ruang ini dengan nama Camera Control Room, terdapat 25 monitor berukuran 42” yang menempel di dinding ruangan tersebut.

controlroomcctvControl Room CCTV di Terminal Bratang, sumber : http://www.dishubsurabaya.org/

Beberapa monitor menampilkan gambar berganti-ganti, beberapa lagi menampilkan gambar tetap di jalan-jalan tertentu yang vital, seperti persimpangan Jalan Raya Darmo, Jalan Polisi Istimewa, dan Jalan Pemuda, terdapat pula satu monitor yang menampilkan 4 kamera. Operator pada Camera Control Room ini sehari-hari bekerja mulai jam 06.00 s/d 22.00 terbagi menjadi 2 shift, kecuali pada momen tertentu seperti malam tahun baru, operator bekerja 24jam. Operator dapat mengendalikan lampu lalu lintas (traffic light) dari ruang ini bila terlihat kemacetan terjadi di suatu persimpangan, juga memberi informasi kepada petugas Dishub yang berada di lapangan.

Anggaran Pengadaan Kamera CCTV di Surabaya

Sebanyak 185 unit kamera CCTV ini mulai dipasang oleh pemerintah Kota Surabaya mulai tahun 2011, anggaran untuk pengadaan kamera cctv sejak 2011 adalah Rp.24 milyar, anggaran pertama tahun 2011 sebanyak Rp.9 milyar, tahun 2012 sebanyak Rp. 7 milyar, dan tahun 2013 sebanyak Rp. 8 milyar dan akan selalu bertambah setiap tahunnya. Saat ini terdapat 113 traffic light utama di Kota Surabaya, dan baru 39 traffic light yang terpasang kamera CCTV. Untuk tahun 2014, Diskominfo sudah mengajukan anggaran untuk pengadaan 50 kamera, penempatannya masih dibahas dengan instansi terkait seperti Dishub dan Kepolisian.

Sumber-sumber :

Kami, CCTVSurabaya.com, adalah supplier aneka kamera CCTV yang beralamat di Kota Surabaya. Kami menyediakan kamera mulai dari harga murah sampai kamera branded. Berpengalaman dalam hal instalasi Kamera CCTV sejak tahun 2003. Menerima order instalasi semua jenis kamera : Kamera Analog, IP Camera, kamera model dome, box, speed dome, pembuatan control room CCTV, desain Intelligent Video Surveillance serta konsultan untuk semua permasalahan tentang Kamera CCTV di Surabaya.

 

1
Halo, terimakasih telah mengunjungi website kami CCTVSurabaya.com, Ada yang bisa kami bantu mengenai kebutuhan CCTV Anda?
Powered by