Home » artikel

Aksesoris CCTV

Komponen utama sistem CCTV adalah kamera dan video recorder namun tanpa beberapa aksesoris ini sistem CCTV tidak dapat berjalan. Berikut adalah beberapa aksesoris untuk mendukung sistem CCTV

Media Transmisi Video – IP Camera

Pada sistem ip camera-NVR, gambar yang ditangkap oleh kamera telah diubah dan dikompres menjadi data digital dan ditransmisikan dengan standar TCP/IP. Oleh karena itu untuk mengirim data video dari ip camera ke NVR digunakan perangkat standar jaringan komputer (TCP/IP) baik menggunakan kabel (cat5 atau cat6), menggunakan perangkat wireless LAN sampai pada fiber optics.

ipcamap Aksesoris CCTV
Ubiquity AirCam, ditransmisikan dengan menggunakan Ubiquity Nanostation

Media Transmisi Video – Analog Camera

Pada sistem analog camera-DVR, gambar yang ditangkap oleh kamera diubah menjadi sinyal video untuk ditransmisikan seperti yang digunakan pada standar sistem pertelevisian. Oleh karena itu untuk mengirim data video dari kamera ke DVR digunakan kabel coaxial dengan impedansi 75Ohm atau menggunakan kabel jaringan (UTP,STP,Cat5,Cat6) dengan menggunakan tambahan alat yang dinamakan balun, atau dapat pula ditransmisikan secara nirkabel menggunakan perangkat wireless video sender.

avsender Aksesoris CCTV
Wireless AV (Audio Video) Sender, untuk transmisi kamera analog

Konektor dan Balun

Pada sistem IP Camera, konektor yang digunakan adalah konektor RJ-45, konektor standar TCP/IP. Pada sistem analog camera konektor yang digunakan adalah konektor kabel coaxial, dan yang digunakan untuk standar CCTV adalag konektor BNC. Ada beberapa tipe konektor BNC ini, tergantung dari cara menyambungnya ke kabel coaxial, sperti konektor BNC Crimp (disambung ke kabel coaxial dengan menggunakan tang crimping), BNC Solder (dengan menggunakan solder) dan BNC Drat/twisted on (dengan diulir ke kabel coaxial).

anekabnc Aksesoris CCTV
Konektor BNC drat (kiri), BNC crimp (tengah) dan BNC baut (kanan)

Untuk penggunaan kabel UTP dalam kamera analog, diperlukan alat yang dinamakan Balun (Balanced to Unbalanced), untuk mengubah impedansi kabel UTP (100 ohm balanced) menjadi standar video (75 ohm unbalaced).

balun 300x109 Aksesoris CCTV
Balun 1 Channel (kiri) dan Balun 4 Channel (kanan)

Power Supply

Ada beberapa pilihan untuk mencatu suatu kamera, adaptor dapat didekatkan dengan kamera dan mencari sumber listrik terdekat atau dijadikan satu (centralized) pada suatu titik tertentu (misalnya di dekat DVR). Jika adaptor diletakkan di dekat kamera dan 1 adaptor digunakan untuk mencatu 1 kamera, maka cukup dibutuhkan adaptor berdaya kecil (misal 0,5 atau 1 Ampere), jika adaptor diletakkan jauh dari kamera dan digunakan untuk mencatu beberapa kamera, dibutuhkan adaptor dengan daya lebih (misal 10 atau 20 Ampere).Beberapa ip camera, sudah support POE (Power Over Ethernet), sehingga 1 kabel LAN juga dilewati data dan listrik untuk catu daya kamera.

powersupply Aksesoris CCTV
Adaptor 1 Ampere (kiri) dan Adaptor 6 Ampere(kanan)